PT SBS Ajak Pedagang Pulang Kampung

Wednesday, 18 October 2006

Serombongan perempuan, laki-laki, dan anak- anak tampak sibuk dengan bawaan mereka masing-masing di pelataran Parkir Timur Pekan Raya Jakarta, kemarin pagi. Setelah dibagikan perbekalan dan sejumlah cendera mata, rombongan yang erdiri dari pedagang tersebut bergegas memasuki bis ber-AC yang akan mengantarkan mereka hingga kampung halaman.

 


Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1427 H, kemarin pagi PT Sinde Budi Sentoa (SBS), sebuah perusahaan farmasi yang juga produsen minuman ber-energi menyelenggarakan acara Mudik Bareng yang ditujukan khusus mitra bisnis mereka.
Manajer produk Guntoro DW menyebutkan, program Mudik Bareng 2006 itu merupakan wujud kepedulian dan tanda terima kasih perusahaannya kepada mitra kerja yang langsung berhubungan dengan konsumen, seperti para pedagang kios, warung, hingga pengasong produk mereka di wilayah Jabotabek.


"Syaratnya mudah, selama bulan September hingga Oktober, para pedagang yang rutin membeli produk kami diminta untuk meningkatkan jumlah barang yang ia beli. Setidaknya bisa mencapai Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu," kata Guntoro.
Setelah itu, lanjutnya, petugas dari perusahaan akan menawarkan program mudik, dan mendata siapa saja pedagang yang tertarik ikut.
Sembilan unit bus disediakan pihak perusahaan bagi sekitar 415 pedagang beserta keluarga masing-masing ke 15 kota tujuan di pulau Jawa. Seorang ibu tampak membawa dua anaknya yang masih kecil. Di sampingnya terlihat beberapa tas jinjing dan kardus sarat barang yang akan dibawanya ke Surabaya. Sambil menunggu suaminya datang, ia terlihat merapikan barang-barangnya agar tidak berserakan.

Ibu bernama Ita itu memiliki warung di Pondok Ungu, Bekasi. Baginya kesempatan mudik gratis ini sangat menguntungkan. Selain tidak perlu mengeluarkan ongkos, bis dengan fasilitas AC yang disediakan juga cukup nyaman bagi keluarganya.
Sama halnya dengan Ita, Ayong, 40, yang memiliki kios kecil di dekat bioskop daerah Buaran juga mengaku senang dengan adanya program mudik bareng. Sebab, ia dapat pulang gratis ke kampung halamannya di Cirebon dengan membawa kerabatnya.
Ia juga tidak keberatan dengan syarat dari perusahaan karena memang sudah biasa menjual produk yang ditentukan, sperti larutan penyegar dan minuman berenergi.


PT SBS memproduksi obat-obatan dan minuman seperti Obat Batuk Ibu dan Anak, Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga, dan minuman berenergi Ena'O.

Secara terpisah, Presiden Direktur PT SBS Budi Yuwono menyebutkan, melihat animo pedagang yang cukup baik, pihaknya berencana untuk meneruskan program tersebut setiap tahun. Tempat pemberangkatan juga akan diperluas, bukan hanya wilayah Jabotabek, melainkan juga kota lain, seperti Bandung.

"Semoga dengan program seperti ini pemerintah sedikit terbantu dalam penyediaan sarana transportasi mudik lebaran," ungkapnya.


Sumber: Media Indonesia Rabu, 18 Oktober 2006